28.6.12

SIGH GOAL

Ditemani layar televisi yang menampilkan duel Euro 2012 antara German &  Italy.

Sekeletep diem. Tiba-tiba berfilosofi tentang bola. Gila. Bola gitu aja capek-capek direbutin 22 orang dilapangan selama 1,5 jam. Demi sebuah goal. Skor yang bisa menentukan apakah kamu menang atau kalah. Mungkin sebagian langsung bisa nerka kalau pembicaraan ini akan dibawa kemana. Ya. Tentang  kuliah.

Dimisalkan bola itu adalah tempat kuliah yang ingin dituju. Sebut saja UI dengan jurusan Komunikasi-nya atau UNPAD dengan jurusan Administrasi Negara-nya. Dimisalkan 22 orang adalah saya, kamu dan 600 ribu saingan diluar sana. Dimisalkan lapangan adalah ujian SNMPTN, SIMAK, SMUP, dll. Dimisalkan 1,5 jam adalah waktu yang kita persiapkan selama ini. Tanpa permisalan, goal lah yang kita harapkan. 

Takut. Mungkin itu yang bisa tergambarkan. Ekspresi itu juga terlihat dari pemain German kali ini. Skor sementara sudah 2-0. Klose dkk pasti sebelumnya sudah mengandai-andai kemenangan mereka di laga ini. Mungkin mereka juga menerka berapa jumlah goal yang akan dicapai. Bukan saja mereka, fans German diluar sana pun pasti berpikiran sama dan ambisius akan team ini.


Mirror works. Keluarga dan teman saya juga berambisius pada saya. Mewacanakan beberapa prestasi yang pernah saya raih demi kekuatan mental saya dalam SNMPTN 2012. 'Kamu kan ranking.. Kamu kan sekolah di 48... Kamu pasti lolos lah'. Oh ya? Saya adalah pemain German itu. Yang kali ini sedang sangat takut. Terutama dalam menghadapi kenyataan pahit apabila saya gagal, ditengah ekspektasi orang-orang terhadap saya. Skore saya masih 0. Apakah saya patut kalah? 

No comments:

Post a Comment