19.4.16

WAROENG SEMAWIS, PECINAN SEMARANG - [MAKAN MIKIN #1]




Hollo holla!
Kali ini gue mau cerita sedikit tentang kuliner Semarang yang berada di kawasan Pecinan, apalagi kalau bukan Waroeng Semawis. Mungkin udah nggak asing lagi ya dengan kawasan yang dibangun oleh Chinese atau etnis Tionghoa ini karena hampir disetiap kota pun ada kawasan seperti ini, misalnya di Bandung, Medan dan Surabaya. Waroeng Semawis terkenal dengan deretan jajanan-jajanan lucu bin endeus-nya yang  berlokasi dalam satu gang yang panjang. Jajanan yang ditawarkan bukan hanya jajanan khas Chinese, tapi jajanan hits kekinian yang anak muda banget (Ceilah). Jadi nggak heran kalau kesini harus siap-siap ngiler dan bingung mau beli yang mana saking semuanya enak-enak. Dan ini sebagian jajanan yang  gue coba : 





PIZZA FRIES

Pizza Fries ini parah sih nagih banget. Sesuai namanya, Pizza Fries ini isinya cuma kentang yang dibakar (nggak dibakar juga namanya tapi kayak dipanasin lewat alat kayak mancis tembak gitu, guess what) dicampur dengan bumbu pizza dan keju mozarella yang meleleh nyus. Untuk rasa gue nilai ini 4.5/5 dan soal harga gausah khawatir karena cuma 20k IDR. Buat yang penasaran, stall Pizza Fries ini ada di daerah depan setelah pintu masuk. Pilihan makanannya juga bukan cuma Pizza Fries, tapi ada Beef Lasagna, Mac'n Cheese, Fried Beef Bacon, dll. Dijamin recommended!




NASI SEDES / SEGOE PEDES

Nasi Sedes ini hanya menjual nasi pedas dengan pilihan ayam atau sapi yang dicampur juga dengan telur orak-arik. Harga yang ditawarkan adalah 17k untuk nasi ayam dan 20k untuk nasi sapinya. Mungkin kalau dilihat secara porsi, harganya kurang logis ya, namun untuk yang tujuannya mau makan nasi dibanding ngemil, mungkin Nasi Sedes bisa jadi referensi yang cukup oke karena dari segi rasanya gue bisa nilai 3.8/5. Not too bad





SOSIS?!?!
Berhubung yang jual sosis di Kampoeng Semawis ini cukup banyak, jadi gue lupa apa nama stall-nya. Huhu. Sosis yang dijual disini hanya menawarkan dua macam ukuran. Yang sedang dihargai 20k dan yang jumbo dihargai 30k. Dari segi rasa gue menilai sosis ini sama aja dengan rasa sosis sapi kebanyakan, jadi untuk makanan ini gue nilai 3/5 aja hehe. Belum ada yang ngalahin enaknya sosis Cimory deh ya!









MIECOOL
Orang Semarang pasti udah khatam banget liat keeksisan Mie Cool ini. Mie Cool secara sederhana adalah es campur, yang mana kita tau isinya hanya es sirop, buah, dan jelly. Tapi yang bikin unik, Mie Cool ini disajikan dengan bentuk seperti mie instan. Jelly-nya dibentuk mie, telur, dan lain-lainnya. Pilihan sirop-nya pun beragam, ada coklat, leci, anggur, strawberry, bluebbery, dsb. Gue sendiri lebih suka rasa anggur karena jadi seger gimana gitu. Biarpun tampilannya unik, tapi dari segi rasa gue hanya menilai 3.7/5 karena nggak begitu bikin ketagihan. Murni karena Mie Cool ini updateable  untuk medsos LOL




TAHU ACI
Kalau di Kampoeng Semawis dijamin lo akan bringas beli macem-macem diawal masuk, dan itu ngebuat lo semakin males untuk jelajah sampai akhir karena udah kenyang duluan. Tahu Aci ini berlokasi hampir  di titik akhir, dan gue beli ini juga awalnya karena iseng dan murah aja. Jadi kalaupun nggak enak, nggak terlalu menyayat dompet. Dan ternyata ini enak banget untuk ukuran 10rb!!! Percaya atau nggak sampai kebawa mimpi saking enaknya. Tahu Aci ini dikemas bungkusan simple dengan pilihan bumbu BBQ, sapi panggang, keju manis, dsb. Of course ini 5 out of 5! (jadi pengen lagi......)






CHURROS
Udah pada tau dong ya Churros asli Spanyol ini lagi booming banget sekarang? Bisnis Churros ala-ala ini pun menjamur dimana-mana, termasuk di Kampoeng Semawis yang terhitung sudah menjual Churros di dua stall. Churros yang udah ditaburin sama gula ini paling enak di dip ke coklat. Endeus maknyeus! Untuk 6 buah Churros dihargai dengan 12k dan menurut gue udah sangat cukup kalau dimakan sendiran. Berhubung enak, packaging-lucu, dan harganya logis maka gue kasih nilai 4.5/5. Ohya, kata embaknya ada rasa baru loh untuk temen si Churros ini....dan rasanya adalah rasa Indomie. HMHMHM bakal aneh nggak ya?





Segitu aja yang bisa gue review, mungkin soonest akan kesana lagi karena masih banyak jajanan yang belum diicip-icip atau jajanan yang udah diicip tapi belum di foto. Hehehe. FYI, disana lo akan kentel banget mendengar suara karaoke nci-nci dan koko-koko yang sudah berumur, jadi suasana Chinese-nya bener-bener dapet meskipun makanan yang lo makan bukan makanan Chinese. Ragam makanan lain yang dijual disana ada burger, siomay, nasi campur babi, mie singapore, mochi icecream, ice blended, sate, mie hot plate, waffle, shillin,...... Aduh banyak banget pokoknya. Mending kalian langsung cek kesana aja ya lokasinya di  Jalan Gang Warung No. 50, Kauman. Jangan lupa juga kalau Waroeng Semawis hanya buka setiap Jumat - Minggu diatas jam 6 sore. Selamat mencicipi, genks!


No comments:

Post a Comment